PERJALANAN KARIR,CINTA,DAN FILM SHAHRUKH KHAN


Saya mungkin bukan fans Shahrukh khan sejati,tapi saya akan mencoba menuliskan sedikit cerita tentang shahrukh khan,yang saya tahu dari berbagai sumber media,tentang perjalanan karir dan film sang idola. Shahrukh Khan lahir di Talwar Nursing Home (Rajinder Nagar) New Delhi, 2 November 1965.ShahRukh Khan lahir dengan tali pusar terjerat di lehernya. Seorang perawat mengatakan bahwa itu adalah berkat-berkat Hanuman dan ia akan menjadi anak yang sangat beruntung. Lahir dari sebuah keluarga muslim, Shahrukh berarti “Wajah Sang Raja”.

Shah Rukh adalah anak yang sangat taat dan patuh pada sosok ibunya.Ibu adalah sosok yang sangat berpengaruh dalam perjalanan hidupnya.
Ketika ayahnya meninggal (1981), ibunyalah yang melanjutkan perusahaannya, tanpa meninggalkan perannya sebagai pekerja sosial. Ia bekerja keras siang malam, dan Shah Rukh mengakui bahwa ibunyalah yang mengajarkan etos workaholism. Ibunya tak pernah bilang “tidak”. Ketika Shah Rukh ingin melanjutkan kuliah magister, bermain film, dan bahkan meminta mobil, ibunya tak melarang.

Itulah yang membuat Shah Rukh shock, menangis tersedu-sedu, dan merasakan kiamat, saat ibunya meninggal dalam pangkuannya. Inilah momentum hidupnya yang paling menyakitkan. “Waktu ibuku sekarat itulah pertama kalinya aku berdoa. Sebelumnya, meskipun keluargaku muslim, aku jarang shalat. Namun saat itu aku berdoa sangat khusyu. Tapi ibuku tetap saja dipanggil-Nya,” kata Shah Rukh seperti diungkap dalam autobiograpi kecilnya.

Menurut Shah Rukh, ibunya adalah sahabat sejati, yang mengajarinya nilai-nilai dasar dan filosofi hidup. Ibunya mengajari bahwa kehidupan tidaklah permanen, termasuk dirinya. Ibunya sangat mensyukuri setiap rejeki yang diperoleh, namun tak pernah mengeluh kala berkah itu hilang.baginya ibu adalah perantara sekaligus sosok Tuhan di bumi karena tak ada sesuatu di dunia ini yang kuinginkan tak terkabulkan.

Shahrukh Khan  pernah merasakan susahnya hidup tanpa bergelimangan harta.

Bahkan, dirinya juga pernah diusir dan terpaksa tidur di jalan akibat tak bisa membayar uang sewa.“There have been times I’ve been thrown out of my house because we couldn’t pay the rent. I have been on the roads twice.”
“Ada saat-saat dimana saya diusir dari rumah karena tidak bisa membayar sewa, Dan jika dihitung, saya sudah dua kali hidup di jalanan,” curhatnya.Berbekal masa lalu kelam,Shahrukh Khan pun akhirnya berusaha memastikan agar keluarganya bisa hidup dengan berkecukupan. Dan jika ditanya mengenai apa yang paling dibutuhkan dalam hidup, pasti akan menjawab rumah. Mau tahu alasannya?
“If you have a house and education, the world is at your feet. If you don’t have a job and money, at least you’ll have a roof to sleep and cry under.”
“Jika Anda memiliki sebuah rumah dan pendidikan yang baik, maka dunia akan berjalan sinergi di kaki Anda. Dan ketika Anda tidak memiliki pekerjaan dan uang, setidaknya Anda masih memiliki atap untuk tidur dan menangis didalamnya.” tutupnya tulus.

Cinta dan perkawinannya dengan Gauri Chhiber, putri pensiunan Mayor Ramesh Chhiber, yang terlahir sebagai seorang vegetarian, adalah seorang Brahmana Hindu, dan bahkan memiliki sebuah kuil di dalam rumah nya. Shahrukh adalahi seorang Muslim di India di mana agama memainkan peran kunci saat menentukan nasib aliansi perkawinan, ia menikahi Gauri yang ia temui di tahun 1984 dan akhirnya menikah pada tahun 1991 memang tugas berat untuk menyelesaikan

Hubungan antara keduanya telah lama terjalin dan secara sembunyi-sembunyi dikarenakan kedua orang tua Gauri tidak akan bisa menerimanya. Jadi hampir selama 6 tahun keduanya bertemu secara sembunyi-sembunyi. Dan karena merupakan terbungsu dari 15 bersaudara, Gauri memang diharapkan menikah dengan seorang pria dari golongan komunitas yang sama.
Dan Shahrukh bersedia melakukan apa saja untuk mendapatkan Gauri dan dia mengaku telah masuk ke dalam rumah Gauri setelah menyamar menjadi Abimanyu pada saat perayaan pesta ulang tahun gadis tersebut. Abimanyu ? siapakah dia ? Abimanyu adalah karakter yang baru saja dimainkan oleh Shahrukh dalam serial TV Fauji yag disutradarai oleh Raj Kapoor, serial yang berdasarkan kehidupan para tentara telah membuat karakter Shahrukh benar-benar populer dan orang-orang disekitar mereka mengatakan bahwa dia mirip dengan Dilip Kumar ketika dia menghadiri pesta ulang tahun Gauri hari itu.

Kisah percintaan keduanya tidaklah selalu berjalan dengan mulus dikarenakan ke posesipan Shahrukh yang terkadang mengekang pergaulan gauri. Akhirnya, Gauri mulai bersikap dingin dan kemudian dia diam-diam pergi meninggalkan segala hiruk pikuk emosinya di tahun 1989, tanpa memberitahukan Shahrukh, ia pergi ke Mumbai dengan temannya sehari setelah perayaan ulang tahunnya yang bergelimang hadiah.

 

Kepergian Gauri membuat Shahrukh kalang kabut dan mulai mencari kesegala penjuru kota dimana dia berharap bisa menemukan pujaan hatinya. Karena tak bertemu juga, Shahrukh kemudian mengadukan kisah cintanya kepada Ibunya yang kebetulan memiliki pemikiran yang cukup modern, dengan dukungan sang bunda dan berbekal uang Rs,10.000, sang Bunda lalu menyarankan dia untuk ke Mumbai dan mendapatkan cintanya kembali. Ditemani teman-temannya Shahrukh kemudian menuju Mumbai, dan kemudian kisah cinta mereka laksana sebuah cerita romansa yang fiksi saja.

 

Dikota besar tersebut, ia dan teman-temannya mulai mencari keberadaan Gauri, karena dia tahu bahwa Gauri sangat menyukai pantai, maka dia mencarinya di seputar pantai. Hari terakhir di Mumbai dan dengan keuangan yang mulai menipis, seorang pria menyarankan untuk pergi ke sebuah pantai yang bernama Pantai Aksa. Dari situ, kemudian menuju ke sebuah tempat bernama Gorai, dengan paniknya Shahrukh mulai mencari, dan akhirnya dia menemukan wanita yang sangat dicintainya sedang berdiri sendiri menatap laut yang biru. Setelah saling berpandang satu sama lain dengan cukup lama, keduanya kemudian mereka berpelukan dan menangis, saat itulah keduanya menyadari bahwa mereka saling membutuhkan satu sama lainnya.
Tapi bukan itu satu-satunya masalah dalam percintaan mereka, keluarga Gauri yang merupakan keluarga sederhana yang hidup dengan norma-norma agama yang mereka anut dengan taat dan tak pernah terlintas dalam pemikiran mereka untuk memiliki menantu dari penganut agama lain. Tapi pada tahun 1991 keduanya memutuskan untuk menikah di pengadilan, dan untuk menunggu pemanggilan pengadilan untuk menikahkan mereka dibutuhkan waktu selama satu bulan.

Shahrukh dan Gauri menikah tanpa sepengetahuan kedua orangtua mereka, setelah resmi hubungan suami istri mereka, kemudian mereka memeritahukan alamat mereka dan mengatakan bahwa mereka telah menikah. Keduanya harus menghadapi rintangan terberat dalam kehidupan rumah tangga mereka, mulai dari teriakan-teriakan orang-orang Hindu didepan rumah mereka hingga tekanan dari kaum muslim sekeliling mereka. Selama 30 hari hidup keduanya benar-benar sangat menyedihkan, tapi bagi keduanya tidak ada pilihan lain karena mereka hanya mengkhawatirkan pandangan kedua oranag tua mereka.

Dalam 30 hari tersebut, mereka berusaha keras untuk menyakinkan kedua orang tua dan keluarga Gauri, dan berusaha menyamakan sudut pandang mereka dengan keluarga Gauri, dan mereka berhasil merubah pandangan tersebut, setelah menerima pemberitahuan tentang keabsahan pernikahan mereka dari pengadilan, maka pada tanggal 26 Agustus pernikahan mereka di sahkan di Pengadilan. Lalu keduanya pun menikah dengan upacara adat Hindu dan Islam secara terpisah. Karena Gauri bersikeras harus melaksanakan pernikahan dengan cara muslim, dan itulah yang mengakari kemapanan hubungan mereka hingga saat ini.

 

Sejak kecil sebetulnya Shah Rukh telah menyukai seni peran, dan pernah tampil dalam teater produksi Ram Leela, berperan sebagai monyet. Namun setamat kuliah, ia malah mendirikan restoran di Darya Ganj, menemani kakak perempuannya, Shehnaz Lalarukh, yang bekerja sebagai psikiater. Maklumlah, sejak kedua orangtuanya meninggal karena kanker, Shehnaz adalah kawan hidup terdekatnya – selain Gauri. Begitupun, ia tetap menggeluti hobi seni perannya, dengan bergabung pada sebuah kelompok teater Barry John.Dan hasrat aktingnya mulai tersalur sejak kepindahannya ke Bombai (1989), kota yang menjadi pusat industri perfilman India, Bollywood. Awalnya  Shah Rukh terjun ke dunia televisi, saat masih kuliah di Universitas Hansraj. Obsesinya dengan dunia akting makin menjadi. Serial Dil Dariya adalah serial pertamanya yang ditayangkan televisi. Serial ini disutradarai oleh Lekh Tandon, salah satu sutradara terkenal di Bollywood. Kesempatan kedua datang, saat dia mendapat tawaran bermain dalam serial Fauji. Baik Fauji maupun Dil Dariya diproduksi di Delhi. Dua serial tersebut mendapat rating tinggi, hingga membuat nama Shah Rukh langsung dikenal. Sejak itu, Shah Rukh mulai banjir tawaran serial-serial TV. Seperti Nukkad, Tamas dan Yeh Zo Hai Zindagi. Semua serial itu dibuat di Bombay. Dari sinilah tawaran film Bollywood mulai diterimanya. Shah Rukh juga mulai mendapat tawaran menjadi model iklan sepatu sport liberty. Penampilannya di layar lebar bermula setelah ia menandatangani kontrak tiga film sekaligus, Raju Ban Gaya Gentleman, Dil Ashna Hai dan Chamatkar. Namun lewat film Deewana lah Shah Rukh mania mulai mewabah di seantero India.Di Indonesia, namanya mengorbit lewat film Kuch Kuch Hota Hai (1998) yang membuat jutaan remaja puteri dan kaum ibu menitikkan air mata. Padahal sebelum itu, ia telah mencetak sejumlah film laris, seperti Dilwale Dulhaniya Le Jayenge (1995) dan Dil To Pagal Hai (1997).Lewat Deewana,Penghargaan Sensasional Debut Filmfare Awards pun diraihnya.di tahun 1992.Lewat film Baazigar, berpasangan dengan Kajol, nama Shah Rukh mulai melambung. Bahkan dia meraih penghargaan Aktor Terbaik Filmfare Awards 1993 penghargaan Aktor Terbaik Critics’ Awards 1994 film Kabhi Haan Kabhi Naa..Dilwale Dulhaniya Le Jayengefilm tersukses dengan pemasukan terbesar di tahun 1995. Maka tak heran, jika penghargaan aktor terbaik diberbagai ajang festival pun diraihnya.Konsernya pun hampir di seluruh dunia.Dan SRKian pun menyebar di seluruh pelosok dunia,dan di indonesia terbentuklah SRKFCI,dengan sebutan RUKHSTER.

Shahrukh 2 kali mengadakan konser di indonesia,yang pertama pada tahun 2002,dan yang kedua tahun 2012.pada konser yang kedua inilah saya nekat untuk datang,melihat wajahnya dan mendengar langsung suaranya,yang sekian lama hanya dapat saya lihat di televisi,perjuangan saya untuk melihatnya ga semudah duduk 3jam menonton didepan tv,saya harus rela merogoh kantong yang lumayan untuk tiket,padahal hanya sanggup di kategori bontot alias di ujung.belum lagi soal perizinan,izin orang tua dan pabrik tempat saya bekerja.izin ke pabrik terlewati dengan sangat mudah karena saya dapat atasan yang sangat baik saat itu,tapi sempat di marahi sama orang tua,dan teknik yang saya ambil untuk dapat izin adalah,,,duduk menyendiri sambil setel lagu shahrukh khan yang kenceng,alhasil orang tua pun mungkin sedih,lalu di izinkanlah saya pergi menonton konser sang idola.setelah itu mulai mencari tiket secara online,,browsing kesana kemari semua tiket kategori bontot sudah ludes,terakhir ga sengaja saya liat srkfci di facebook,akhirnya SRKFCI lah yang jadi penolong saya mendapatkan tiket,terima kasih banyak SRKFCI yang sudah mewujudkan salah satu mimpi saya.Akhirnya saya pun bergabung dengan SRKFCI,walau tidak seaktif teman-teman yang lain.karena terhalang jarak,SRKFCI sangat berperan penting dalam mewujudkan impian saya bertemu sang idola,SHAHRUKH KHAN.tanpa SRKFCI mungkin saya tidak akan bisa melihat wajah dan mendengar suara nya langsung,terima kasih SRKFCI karena telah memberikan saya malam minggu yang sangat berkesan.

Tinggalkan komentar